"REVERSE THINKING" Dalam Dunia Bisnis


"Jika tidak bisa menjadi yang Pertama, Maka jadilah yang Terbaik !!
Jika tidak bisa menjadi yang Terbaik, Maka jadilah yang BERBEDA !!"

Ungkapan diatas juga berlaku dalam dunia bisnis. Membuka bisnis sama saja dengan kita harus siap menghadapi persaingan dalam menarik perhatian calon pembeli. Untuk dapat bertahan di dalam persaingan maka kita harus memiliki nilai lebih, salah satunya adalah dengan memiliki PERBEDAAN. Salah satu caranya adalah dengan melakukan metode berpikir terbalik, alias REVERSE THINKING.
berpikirterbalik dalam dunia bisnis

Coba Anda jawab, mana yang lebih mudah ditemukan saat mendatangi acara pesta, seseorang yang memakai jas hitam atau seseorang yang menggunakan jas warna-warni? Tentu saja, orang dengan jas berwarna akan mudah ditemukan diantara kerumunan orang-orang yang berpakaian jas berwarna hitam, bukan? Hal yang sama juga berlaku dalam bisnis. Jika Anda memiliki perbedaan dengan bisnis-bisnis lainnya Anda pun akan lebih mudah mendapatkan perhatian pelanggan.

Berikut adalah beberapa perbedaan yang bisa anda jadikan kekuatan untuk bisnis Anda.:

Visual yang Berbeda

Penampilan visual adalah hal penting karena yang pertama kali diperhatikan oleh calon pembeli. Contohnya adalah saat kita membeli kue, kue yang dihias dengan cantik tentunya akan lebih ‘menarik’ mata meskipun resep & jenis kuenya sama saja. Hal ini juga dapat diperkuat dengan menambahkan kemasan atau pembungkus yang unik. Oleh karena iru, penampilan produk Andapun menjadi penting.

"Buatlah visual produk yang 'ngilerin', yang ketika orang melihatnya, orang langsung pengen nyoba dan beli"

Harga yang Berbeda

Harga adalah poin yang dipertimbangkan seseorang untuk membeli suatu produk. Harga yang Anda tetapkan bisa memiliki beberapa pilihan seperti : termahal, termurah, dll. Misalnya, Anda bisa menggunakan harga yang unik sesuai tanggal tertentu sehingga mendorong pembeli untuk membeli produk Anda selama masa promosi harga.

"Kalau menetapkan harga, buatlah harga yang ganjil. Daripada Rp 250.000, lebih bagus RP 249.000. Angka ganjil lebih menarik orang untuk beli"

Jalur Distribusi yang Berbeda

Saat produk Anda mulai dikenal luas di pasaran, tidak tertutup kemungkinan akan semakin banyak orang yang mencari produk Anda. Jika Anda berhasil membuat jalur pendistribusian yang unik, calon pembeli pun akan menunggu untuk dapat membeli produk Anda. Contohnya lihat saja SPG Yakult yg beredar dor-to-dor saat ini..hehe
Kuncinya:
"Lihat apa yang orang lain lakukan. Tuliskan. Berpikirlah sebaliknya. Suntikkan keyakinan. Jalankan...."
Ada lagi ide lain untuk menjadi berbeda dalam dunia bisnis? boleh di share di kolom kkomentar yaaa~