Melayani pelanggan dengan baik adalah suatu keharusan. Karena sesungguhnya bos anda adalah pelanggan. Anda yang membutuhkan pelanggan, bukan sebaliknya. Usaha anda dikatakan berhasil jika mampu melayani banyak pelanggan dengan baik, sesuai harapan yang anda berikan pada pelanggan seperti dalam iklan-iklan anda. Harus anda ingat, pembelian pertama dari pelanggan belum bisa dianggap sebuah prestasi. Tapi, jika dia melakukan pembelian berulang (repeat order), itu baru namanya prestasi.
Maka dari itu, menjaga & menciptakan pelanggan yang loyal secara emosional pada produk kita harus kita rencanakan dan diperjuangkan sekuat mungkin. Jangan melakukan hal konyol yang bisa membuat pelanggan anda lari. Hal itu merupakan musibah dalam sebuah bisnis.
Berikut ini 7 Hal Yang Tidak Boleh Anda Lakukan Ke Pelanggan:
1. Jangan Pernah Mendebat Pelanggan
Pendapat pelanggan selalu benar. Maka dari itu, hindari mendebat atau berbeda pendapat secara frontal dengan pelanggan anda. Seandainya anda berbeda pendapat, lakukanlah dengan halus.
Misalnya, pelanggan berkata bahwa warna produk yang anda jual kurang cerah sehingga tidak menarik minatnya. Maka, setujuilah dengan hati lapang dan terbuka, sambil menunjukkan keunggulan lain atau menawarkan pilihan lain.
Contoh responnya:
“Ibu suka yang warna cerah yaa? Wah bagus sekali memang pilihan dan selera ibu. Tapi bu, walaupun warnanya sedikit agak kusam, justru itulah ciri khas keaslian dari produk ini.”
Atau bisa juga,
“Oh gitu ya.. ibu suka yang cerah, ini saya ada model lain yang warnanya mungkin ibu suka”
2. Jangan Biarkan Pelanggan Menunggu
Kecepatan pelayanan terutama toko online sangatlah penting. Menurut banyak pengalaman, jika tidak menjawab pertanyaan pelanggan lebih dari 3 menit akan membuka kesempatan pesaing masuk, dan pelanggan bisa meninggalkan kita.
Jikalau terpaksa harus membuat pelanggan menunggu, berilah pelanggan kita pengertian dengan tidak lupa meminta maaf atas respon kita yang terlambat
3. Tidak Boleh Diskriminatif
Berikan standar pelayanan yang sama pada semua orang. Jangan diskriminatif hanya karena warna kulit, penampilan apalagi masalah SARA. Standar pelayanan harus sama pada semua orang. Jika anda mempunya karyawan, ajarkan untuk melakukan pelayanan sesuai SOP yang telah di buat dalam bisnis anda.
4. Jangan Memperlihatkan Galau/Kegelisahan Di Depan Pelanggan Anda
Biasakan untuk tersenyum meski keadaan sedang tidak baik. Karena itu tanda bahwa kita bersikap profesional. Seringkali dalam usaha kita mendapatkan hal yang tidak menyenangkan, sebaiknya jangan perlihatkan kondisi tersebut pada saat melayani pelanggan.
5. Cuek Dengan Keluhan Pelanggan
Konsumen terkadang tidak merasa puas dengan produk yang kita jual, menanggapi hal ini kita harus bisa memberikan solusi yang sama-sama menguntungkan. Jika kita cuek dengan keluhan pelanggan itu sama saja dengan menjelek-jelekan bisnis sendiri, pelanggan akan kapok untuk membeli produk atau jasa kita.
6. Jangan Pernah Berniat Menipu Pelanggan
Kejujuran dalam berbisnis adalah modal utama. Menipu adalah hal yang 'memalukan untuk dilakukan kepada pelanggan, lambat-laun bisnis anda akan di tinggalkan dan akhirnya tidak akan berjalan.
Dengan memberikan penjelasan yang palsu kepada pelanggan, dengan harapan supaya mereka mau membeli produk kita, akan membuat mereka memberikan penilaian yang sangat buruk terhadap bisnis anda, dan secara alami penilaian tersebut akan menyebar kepada calon pelanggan yang lain.