Banyak pelaku toko online yang terlalu fokus pada PROMOSI nya agar lebih efektif saja, tanpa memperhatikan kualitas produknya, harga yang ditetapkan, lokasi jualan, service yang diberikan, dll.
Jika memang promosinya ingin lebih efektif, sebelum memikirkan jauh soal teknis promosinya, cobalah untuk memikirkan dahulu mengenai MARKETNYA. Karena, sebagus apapun penawaran & promosinya, jika si Marketnya nggak punya uang, tetep saja nggak akan closing dan hanya akan membuang waktu saja.
"Lantas, apa yang harus kita dilakukan?"
Pertama, bedakan antara Target Market, Market Potensial, Konsumen, Buyer, & Customer. Nah, lho... Belum tau bedanya kan?
Target Market: orang-orang dengan kriteria tertentu & spesifik yang kita bidik saat melakukan promosi. Target Market akan menentukan Media Promosi apa yang akan kita gunakan. Gunakanlah media promosi yang terakses dengan target market kita langsung. Contohnya: jika target marketnya ibu-ibu generasi tua, jangan jualan memakai Instagram, Twitter, atau Facebook. Mereka nggak bakalan ngerti!
Market Potensial: orang-orang yang sudah mulai tertarik dengan produk kita. Ciri-cirinya, mereka sering kepo-in produk kita, tanya-tanya, atau bahkan sampai rela memberikan databasenya ke kita, entah itu email, no HP, pin BB, dan lain-lain. Inilah sebenarnya tambang uang yang besar. Jika sudah punya database mereka dengan jumlah yang banyak, promosinya akan gampang sekali. Caranya? kumpulkan market potensialnya. Dimana? di BB (jumlah pin), SMS (no HP), list building (email), FB (member grup), dll banyak banget...
Konsumen: Orang-orang yang memakai produk kita. Buyer: yang membeli produk kita. Apa bedanya? Buyer yang mengeluarkan uang, tapi konsumen belum tentu. Contohnya: bisnis bimbel, buyernya: orang tua. konsumennya: anak2. bisnis makanan anjing, buyernya: yang punya anjing. konsumennya: anjing. Paham kan?
Customer: Orang-orang yang membeli produk kita berkali-kali (minimal 2x, udah repeat order). Jika sudah punya database ini, lebih gurih! Karena mereka udah ada minat ke produk kita. Lakukan strategi-strategi untuk memberdayakan Existing Customer (customer lama) tanpa harus keluar biaya.
Kedua, kalau udah nentukan Marketnya, poles dengan penawaran dengan kata-kata yang menggoda.
Terakhir...
Promosi yang efektif adalah promosi yang TERBUKTI MENGHASILKAN! Cara mengetahuinya? Anda harus ,mencoba.... Lakukan tes & ukur setiap promosi kita. Yang sudah jelas menghasilkan, GULUNG... yang nggak menghasilkan, TINGGALKAN...
Silakan SHARE jika merasa bermanfaat