Istilah 'Mahmud' alias mamah muda, sebbutan bagi wanita yang sudah menikah dan masih muda merupakan target pasar yang sangat menggiurkan bagi para pedagang, baik online maupun offline.
Mengapa pasar ‘mahmud‘ ini sangat bagus untuk kita garap? Karena, biasanya mereka mapan & menjadi pengambil keputusan pengeluaran uang keluarga. betul nggak? hehe
Suaminya yang mencari uang, tapi keputusam pengeluaran biasanya lebih banyak ada pada istri-istri usia muda ini. Selain itu, tidak sedikit juga jumlahnya ‘mahmud’ yang juga bisa berpenghasilan sendiri.
Inilah tips-tips merangkul dan memahami perilaku konsumen wanita di Indonesia:
photo by 123rf.com |
1. Berikan Informasi Produk detail Mungkin
Melihat dari perilaku konsumen wanita dalam dunia pasar online, 67% wanita cenderung sering sekali untuk melihat spesifikasi produk. Sudah menjadi fitrahnya, wanita bukan hanya memiliki perilaku yang sangat detail untuk mengetahui banyak hal yang mereka inginkannya, bahkan semua hal. Karena itu, spesifikasi produk yang detail sangat penting untuk wanita.
Biasanya, setelah melihat spesifikasi produk, wanita akan cenderung mencari review dari produk tersebut. Dari review tersebut dapat menarik minat lebih dari mereka yang ingin membeli produk Anda. Jadi ulasan/review juga jadi aspek penting untuk bisnis Anda.
2. Buatkan Juga Konten Audio Visual yang Menarik
Ada fakta menarik dari konsumen wanita, banyak dari mereka akan mencari informasi produk yang mereka inginkan dalam bentuk gambar bergerak (video). Dengan video tersebut,mereka akan mendapatkan informasi lengkap selain penjelasan detail dari informasi tertulis yang mereka dapat.
Konten video yang di buat dengan apik akan membuat hawa mereka semakin tertarik untuk mencoba produk yang anda tawarkan. Bahkan bisa jadi membuat Anda kebanjiran orderan.
3. Berikan Beberapa Pilihan Produk
Menurut survei, sebanyak 65% wanita cenderung berbelanja produk dengan pilihan merek yang menjadi favorit mereka. Oleh karena itu, untuk menarik konsumen wanita adalah dengan adanya pilihan produk yang beragam.
Jadi, jika sebuah toko online menyediakan beragam produk & tentunya lengkap, maka akan semakin besar pula peluangnya untuk menarik perhatian para konsumen wanita ini. Jadi, sebaiknya jangan hanya menyediakan satu produk saja, karena wanita itu sedikit agak sulit dimengerti gitu deh, lebih baik banyak produk.
4. Kaslian dan Kualitas Produk
Poin ini menjadi syarat mutlak untuk mendapatkan perhatian para konsumen wanita. Diantaranya seperti sertifikasi produk dan kerjasama langsung dengan pemilik brand produk tersebut. Karena hal ini bisa meningkatkan kepercayaan mereka.
Wanita itu adalah konsumen yang sangat detail dan sensitif sekali. Jika mereka sampai kecewa, jangan harap mereka akan kembali. Maka, baiknya anda harus serius memperhatikan poin ini.
5. Kenyamanan Konsumen Adalah Prioritas Utama
Di industri ecommerce ada 3 faktor yang mendukung kenyamanan dalam berbelanja online:
Pertama, kemudahan dalam penggunaan platform e-commerce yang Anda gunakan, jangan sampai konsumen bingung.
Kedua, tersedianya platform versi mobile untuk mempermudah mereka melakukan transaksi tanpa harus menyalakan PC.
Ketiga, seberapa cepatnya pemesanan produk yang mereka pesan itu diterima.
6. Berilah Banyak Diskon atau Surprise
Bukan hanya menarik konsumen wanita saja, tapi poin ini juga bisa menarik semua konsumen. Sebagai variasi toko online anda, tidak ada salahnya mengadakan program diskon bagi konsumen setia, tentunya dengan beberapa ketentuan yang bisa anda buat. Program seperti ini dapat mempertahankan konsumen setia bahkan bisa menarik konsumen baru untuk membeli produk anda.
7. Keamanan Dalam Bertransaksi
Masalah keamanan menjadi faktor sangat penting, karena dalam industri eCommerce sering sekali terjadi tindak kejahatan, mulai dari penipuan yang di lakukan oknum, barang yang tidak sesuai, sampai dengan jaminan keutuhan barang. Anda harus benar-benar bisa memberikan jaminan kemanan untuk mereka, jangan sampai membuat mereka kecewa.